KISI – KISI UJIAN

KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN MADRASAH TsANAWIYAH PROVINSI DI YOGYAKARTA

TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

 

Jenjang Pendidikan    :  MTs

Mata Pelajaran        :  Bahasa Inggris

Kurikulum                :  Standar Isi/KTSP 2006

Jumlah Soal                         :  50 butir

Bentuk Soal             :  Pilihan Ganda

 

No. Kompetensi Bahan Kls/smt Materi Indikator soal No. Soal

Paket A

No. Soal

Paket B

    1.          Reading (Membaca)

Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

 

VII Caution

§  Makna teks

Disajikan teks fungsional pendek berbentuk caution at public places, peserta didik dapat menentukan makna caution tersebut dengan benar.

 

1

 

5
Notice

§  Makna  teks

 

Disajikan teks fungsional pendek berbentuk notice at school, peserta didik dapat menentukan makna notice tersebut dengan benar.

 

2

 

 

10
Label

§  Tujuan  komunikatif

 

Disajikan teks fungsional pendek berbentuk label makanan/ minuman/toiletteries, peserta didik dapat menentukan tujuan komunikatif teks tersebut. 3 13
 

 

 

§  Informasi tertentu Disajikan teks fungsional pendek berbentuk label makanan/ minuman/toiletteries, peserta didik dapat menentukan informasi tertentu yang terdapat dalam teks tersebut.

 

4 14
    2.         

 

 

 

 

 

Reading (Membaca)

Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

VII

 

 

 

Greeting card

§  Makna kata

Disajikan sebuah teks fungsional pendek berbentuk kartu ucapan tentang a housewarming atau a religious holiday, peserta didik dapat menentukan makna kata tertentu yang terdapat dalam teks tersebut. 5 6
§  Tujuan komunikatif Disajikan sebuah teks fungsional pendek berbentuk kartu ucapan tentang a housewarming atau a religious holiday, peserta didik dapat menentukan tujuan komunikatif dari teks tersebut. 6 7
    3.          Reading (Membaca)

Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

 

VII Surat/email

§  Makna kata

 

Disajikan sebuah teks fungsional pendek berbentuk surat/e-mail yang terdiri dari 3 paragraf tentang keluarga atau a service complaint, peserta didik dapat menentukan makna kata tertentu yang terdapat dalam teks tersebut.

 

7 15
    §  Rujukan  kata Disajikan sebuah teks fungsional pendek berbentuk surat/e-mail yang terdiri dari 3 paragraf tentang keluarga atau a service complaint, peserta didik dapat menentukan rujukan kata tertentu yang terdapat dalam teks tersebut.

 

8 16
§  Pikiran Utama Disajikan sebuah teks fungsional pendek berbentuk surat/e-mail yang terdiri dari 3 paragraf tentang keluarga atau a service complaint, peserta didik dapat menentukan pikiran utama paragraf tertentu yang terdapat dalam teks tersebut.

 

9 17
    4.          Reading (Membaca)

Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

 

VII Short Message

§  Informasi tertentu

Disajikan sebuah teks fungsional pendek berbentuk short message mengenai penundaan janji atau kegiatan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan informasi tertentu yang terdapat dalam teks tersebut.

 

10 1
§  Makna kata/frasa Disajikan sebuah teks fungsional pendek berbentuk short message mengenai penundaan janji atau kegiatan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan makna kata/frasa tertentu yang terdapat dalam teks tersebut.

 

11 2
    5.          Reading (Membaca)

Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

VII Iklan

§  informasi tertentu

 

Disajikan sebuah teks fungsional pendek berbentuk iklan tentang alat atau produk makanan, peserta didik dapat menentukan informasi tertentu yang terdapat dalam teks tersebut.

 

12 8
§  Makna Kata Disajikan sebuah teks fungsional pendek berbentuk iklan tentang alat atau produk makanan, peserta didik dapat menentukan makna kata tertentu yang terdapat dalam teks tersebut.

 

13 9
    6.          Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari. VII Pengumuman

§  Tujuan komunikatif

Disajikan sebuah teks fungsional pendek berbentuk pengumuman tentang kegiatan di lingkungan tempat tinggal atau sekolah, peserta didik dapat menentukan tujuan komunikatif dari teks tersebut.

 

14 3
§  Informasi tertentu Disajikan sebuah teks fungsional pendek berbentuk pengumuman tentang kegiatan di lingkungan tempat tinggal atau sekolah, peserta didik dapat menentukan informasi tertentu yang terdapat dalam teks tersebut.

 

15 4
    7.          Reading (Membaca)

Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

VII Undangan

§  Tujuan komunikatif

Disajikan sebuah teks fungsional pendek berbentuk undangan rapat atau kegiatan seminar, peserta didik dapat menentukan tujuan komunikatif dari teks tersebut.

 

    16 11
   

 

 

 

§  Informasi tertentu Disajikan sebuah teks fungsional pendek berbentuk undangan rapat atau kegiatan seminar, peserta didik dapat menentukan informasi tertentu yang terdapat dalam teks tersebut. 17 12
    8.          Reading (Membaca)

Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

VII Procedure

§   Gambaran umum

 

Disajikan sebuah teks procedure tentang cara mengoperasikan alat elektronik atau cara membuat kerajinan dalam kehidupan sehari-hari yang terdiri dari 5-7 langkah, peserta didik dapat menentukan informasi tertentu yang terdapat dalam teks tersebut. Disajikan sebuah teks procedure tentang cara mengoperasikan alat elektronik atau cara membuat kerajinan dalam kehidupan sehari-hari yang terdiri dari 5-7 langkah Peserta didik dapat menentukan gambaran umum teks tersebut.

 

18 18
 

 

 

§  Rujukan Kata

 

Peserta didik dapat menentukan rujukan kata tertentu dari teks tersebut 19 19
§   Informasi tertentu

 

Disajikan sebuah teks procedure tentang cara mengoperasikan alat elektronik atau cara membuat kerajinan dalam kehidupan sehari-hari yang terdiri dari 5-7 langkah, peserta didik dapat menentukan informasi tertentu yang terdapat dalam teks tersebut.

 

20 20
    9.         

 

 

Reading (Membaca)

Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

 

 

 

 

VII

 

Descriptive text

§  gambaran umum

Disajikan sebuah teks deskriptif mengenai benda kesayangan atau tempat wisata yang terdiri dari 3 paragraf, peserta didik dapat menentukan gambaran umum dari teks tersebut. 21 27
  §  Pikiran utama Disajikan sebuah teks deskriptif mengenai benda kesayangan atau tempat wisata yang terdiri dari 3 paragraf, peserta didik dapat menentukan pikiran utama salah satu paragraf yang terdapat dalam teks tersebut.

 

22 28
§  Makna kata Disajikan sebuah teks deskriptif mengenai benda kesayangan atau tempat wisata yang terdiri dari 3 paragraf, peserta didik dapat menentukan makna kata tertentu yang terdapat dalam teks tersebut.

 

23 29
 10. Reading (Membaca)

Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

 

 

 

 

VIII Recount

§  Informasi tersirat

 

Disajikan sebuah teks recount mengenai pengalaman tak terlupakan atau pengalaman menarik bersama kawan yang terdiri dari 3 paragraf, peserta didik dapat menentukan informasi tersirat yang terdapat dalam teks tersebut.

 

24 33
  §  Rujukan Kata

 

Disajikan sebuah teks recount mengenai pengalaman tak terlupakan atau pengalaman menarik bersama kawan yang terdiri dari 3 paragraf, peserta didik dapat menentukan rujukan kata tertentu yang terdapat dalam teks tersebut.

 

25 34
    §  Makna kata Disajikan sebuah teks recount mengenai pengalaman tak terlupakan atau pengalaman menarik bersama kawan yang terdiri dari 3 paragraf, peserta didik dapat menentukan makna kata tertentu yang terdapat dalam teks tersebut.

 

26 35
 

11.         

 

 

 

 

 

 

 

 

Reading (Membaca)

Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

VIII

 

 

 

 

 

 

 

Narrative (fable)

§  Gambaran umum

Disajikan sebuah teks naratif fable yg terdiri dari 3 paragraf, peserta didik dapat menentukan gambaran umum dari teks tersebut. 27 30
§  Informasi rinci Disajikan sebuah teks naratif fable yg terdiri dari 3 paragraf, peserta didik dapat menentukan informasi rinci yang terdapat dalam teks tersebut. 28 31
§  Pesan moral Disajikan sebuah teks naratif fable yg terdiri dari 3 paragraf, peserta didik dapat menentukan moral value dari teks tersebut. 29 32
 12.         

 

 

Reading (Membaca)

Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

 

 

 

 

 

 

 

IX

 

 

 

Narrative (folk story luar negeri atau dalam negeri)

§  Gambaran umum

Disajikan sebuah teks naratif folkstory luar negeri atau dalam negeri yang terdiri dari 3 paragraf, peserta didik dapat menentukan gambaran umum teks tersebut. 30 39
§  Makna kata Disajikan sebuah teks naratif folkstory luar negeri atau dalam negeri yang terdiri dari 3 paragraf, peserta didik dapat menentukan makna kata tertentu yang terdapat dalam teks tersebut.

 

31 40
§  Informasi rinci Disajikan sebuah teks naratif folkstory luar negeri atau dalam negeri yg terdiri dari 3 paragraf, peserta didik dapat menentukan informasi rinci yang terdapat dalam teks tersebut. 32 41
  §  Pesan Moral Disajikan sebuah teks naratif folkstory luar negeri atau dalam negeri yang terdiri dari 3 paragraf, peserta didik dapat menentukan pesan moral yang terdapat dalam teks tersebut. 33 42
 13.          Reading (Membaca)

Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

IX Report (transportasi atau alam)

§  Informasi rinci

Disajikan sebuah teks report tentang transportasi atau tentang alam yang terdiri dari 3 paragraf, peserta didik dapat menentukan informasi rinci yang terdapat dalam teks tersebut. 34 24
§   Makna kata Disajikan sebuah teks report tentang transportasi atau tentang alam yang terdiri dari 3 paragraf, peserta didik dapat menentukan makna kata  tertentu yang terdapat dalam teks tersebut 35 25
§  Rujukan kata Disajikan sebuah teks report tentang transportasi atau tentang alam yang terdiri dari 3 paragraf, peserta didik dapat menentukan rujukan kata tertentu yang terdapat dalam teks tersebut. 36 26
 14.          Writing (Menulis)

Mengungkapkan makna secara tertulis teks pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

 

 

 

 

 

VIII Teks Rumpang

Descriptive  (orang terkenal tempat tinggal)

§  Kata sifat

Disajikan sebuah teks rumpang deskriptif tentang orang terkenal atau tempat tinggal yang terdiri dari 5-7 kalimat, peserta didik melengkapinya dengan kata sifat yang tepat. 37 43
§  Kata kerja Disajikan sebuah teks rumpang deskriptif tentang orang terkenal atau tempat tinggal yang terdiri dari 5-7 kalimat, peserta didik dapat melengkapinya dengan kata kerja yang tepat. 38 44
§  Preposition Disajikan sebuah teks rumpang deskriptif tentang orang terkenal atau tempat tinggal yang terdiri dari 5-7 kalimat, peserta didik dapat melengkapinya dengan preposisi yang tepat. 39 45
 15.         

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Reading (Membaca)

Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

 

 

VIII Schedule (non ransportasi)

§  Informasi tertentu

 

Disajikan sebuah teks fungsional pendek berbentuk schedule transportasi atau non transportasi, peserta didik dapat menentukan informasi tertentu yang terdapat dalam teks tersebut. 40 21
§  Informasi tersirat Disajikan sebuah teks fungsional pendek berbentuk schedule transportasi atau non transportasi, peserta didik dapat menentukan informasi tersirat yang terdapat dalam teks.

 

41

 

22
§  Makna kata

 

Disajikan sebuah teks fungsional pendek berbentuk schedule transportasi atau non transportasi, peserta didik dapat menentukan makna kata tertentu yang terdapat dalam teks tersebut

 

 

42

 

 

23
 16.          Reading (Membaca)

Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

IX

 

Report (tanaman/ bunga/kejadian alam)

§  Pikiran utama

Disajikan sebuah teks report tentang tanaman, bunga, atau kejadian alam, peserta didik dapat menentukan pikiran utama dari paragraf tertentu yang terdapat dalam bacaan

 

43

 

36
§  Informasi rinci Disajikan sebuah teks report tentang tanaman, bunga, atau kejadian alam, peserta didik dapat menentukan informasi rinci yang terdapat dalam teks.

 

44

 

 

37
§  Makna kata Disajikan sebuah teks report tentang tanaman, bunga, atau kejadian alam, peserta didik dapat menentukan makna kata tertentu yang terdapat dalam teks tersebut. 45

 

 

38
 17.          Writing (Menulis)

Mengungkapkan makna secara tertulis teks pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

 

VIII Teks Rumpang

Recount (travelling)

§  Kata ganti

Disajikan sebuah teks dengan 3 rumpang berbentuk recount dan terdiri dari 5-7 kalimat tentang kegiatan ketika liburan di masa lalu, peserta didik dapat melengkapinya dengan kata ganti yang tepat. 46

 

46
 

 

 

 

 

§  Kata kerja Disajikan sebuah teks dengan 3 rumpang berbentuk recount dan terdiri dari 5-7 kalimat tentang kegiatan ketika liburan di masa lalu, peserta didik dapat melengkapinya dengan kata kerja yang tepat. 47

 

 

47
 

 

 

 

§  Kata benda

 

Disajikan sebuah teks dengan 3 rumpang berbentuk recount dan terdiri dari 5-7 kalimat tentang kegiatan ketika liburan di masa lalu, peserta didik dapat melengkapinya dengan kata benda yang tepat. 48 48
 18.          Writing (Menulis)

Mengungkapkan makna secara tertulis teks pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

VII/2 Kata acak menjadi kalimat  bermakna (caution)

 

Disajikan sebuah kalimat atau caution (8-10 kata) yang susunan kata-katanya diacak, peserta didik dapat menyusun kata-kata tersebut menjadi sebuah kalimat yang padu dan bermakna. 49 49
 19.          Writing (Menulis)

Mengungkapkan makna secara tertulis teks pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

VII/2 Kalimat acak menjadi paragraf berbentuk teks report

 

Disajikan sebuah paragraph (5-7kalimat) yang susunan kalimat-kalimatnya diacak, peserta didik dapat menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi sebuah paragraf yang padu dan bemakna. 50 50

Published: Wed. Feb 16. 2015

JP

 

___________________________________________________________

 

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Para pendidik Bahasa Inggris MTs Se Kabupaten Bantul, berikut kisi – kisi Ujian Akhir Semester Gasal TA 2012 / 2013

Kelas 7

(Maaf, belum)

 

Kelas 8

NO STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN KLS/SEM KEMAMPUAN YANG DIUJI MATERI INDIKATOR JMH JMH DAN NO SOAL
TEKS
1. Reading (membaca) VIII/1 Menentukan informasi rinci Short Message Disajikan sebuah short message,siswa 1 2 1,2
Memahami makna dalam wacana tersurat dapat menemukan informasi
tertulis  baik teks fungsional pendek rinci tersurat yang terdapat dalam
(invitation, message, announcement, teks
label, and notice/sign) Menentukan tujuan Invitations Disajikan sebuah wedding party 2 2 3, 11
maupun esei sederhana berbentuk: komunikatif teks invitation, siswa dapat menemukan
Descriptive dan Recount Texts dalam tujuan komunikatif teks
konteks kehidupan sehari-hari Menentukan informasi Disajikan sebuah wedding party 1 4
tersirat invitation, siswa dapat menemukan
informasi tersirat
Menentukan informasi Disajikan sebuah garduation party 3 12, 13, 14
tersurat invitation, siswa dapat menemukan
informasi tersurat yang terdapat
dalam teks
Menentukan informasi Notice/sign Disajikan sebuah notice, siswa 2 3 5, 10, 15
tersurat dapat menemukan informasi
tersurat yang terdapat dalam teks
Menentukan informasi Notice/sign Disajikan sebuah notice, siswa 2 9, 16
tersirat siswa dapat menemukan informasi
tersirat yang terdapat dalam teks
Menentukan gagasan utama Announcemnet Disajikan sebuah announcemnet, 2 2 6, 25
teks siswa dapat menemukan
gagasan utama teks
Menentukan informasi Disajikan sebuah announcemnet, 2 7, 26
tersurat siswa dapat menemukan
informasi tersurat yang terdapat
dalam teks
Menentukan rujukan  kata Disajikan sebuah announcemnet, 1 8
siswa dapat menemukan rujukan
kata ganti yang terdapat dalam teks
Menentukan makna kata Disajikan sebuah announcemnet, 1 27
siswa dapat menemukan makna
kata yang terdapat dalam teks
Menentukan informasi Label Disajikan sebuah label obat, 1 2 33, 35
tersurat siswa dapat menemukan informasi
tersurat yang terdapat dalam teks
Menentukan informasi Disajikan sebuah label obat, siswa 1 34
rinci tersurat dapat menemukan informasi rinci
tersurat yang terdapat dalam teks
Menentukan tujuan Recount Text Disajikan sebuah teks recount, 1 1 17
komunikatif teks siswa dapat menemukan tujuan
komunikatif teks
Menentukan informasi Disajikan sebuah teks recount, 2 18, 19
rinci tersurat siswa dapat menemukan informasi
rinci tersurat yang terdapat
dalam teks
Menentukan makna kata Recount Text Disajikan sebuah teks recount, 1 20
siswa dapat menemukan makna
kata yang terdapat dalam teks
Menentukan gagasan utama Descriptive Text Disajikan sebuah teks descriptive, 2 1 21
teks siswa dapat menemukan gagasan
utama  teks
Menentukan tujuan Disajikan sebuah teks descriptive,
komunikatif teks siswa dapat menemukan tujuan 2 22, 28
komunikatif  teks
Menentukan informasi Disajikan sebuah teks descriptive, 3 23, 29, 30
tersurat siswa dapat menemukaninformasi
tersurat yang terdapat dalam teks
Menentukan makna kata Disajikan sebuah teks descriptive, 2 24, 32
siswa dapat menemukan makna
kata yang terdapat dalam teks
Menentukan pokok pikiran Disajikan sebuah teks descriptive, 1 31
paragrap siswa dapat menemukan main
idea of paragraph
2. Writing (menulis) kata acak short message Disajikan kata-kata acak, siswa 1 1 36
Mengungkapkan makna secara tertulis dapat menyusunnya menjadi sebuah
teks fungsional pendek dan esai sederhana kalimat
 berbentuk: invitation, message, kata acak recount text Disajikan kata-kata acak, siswa 1 1 37
announcement, notice/sign, dan dapat menyusunnya menjadi sebuah
descriptive dan recount texts dalam kalimat dalam bentuk simple past
konteks kehidupan sehari-hari kalimat acak Disajikan kalimat-kalimat acak, 1 1 38
siswa dapat menyusunnya
menjadi sebuah teks recount
teks rumpang descriptive text Disajikan sebuah teks dekriptif 1 2 39, 40
rumpang, siswa dapat melengkapi
dengan kata-kata yang tepat

 

Kelas 9

 

No Standar Kompetensi Materi / Kemampuan Yang Diujikan Indikator No Soal
1 READING – Memahami makna dalam wacana tertulis pendek dalam teks fungsional berbentuk notice dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan informasi tersirat. Disajikan sebuah teks notice, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks. 1
2 READING – Memahami makna dalam wacana tertulis pendek dalam teks fungsional berbentuk announcement dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan gambaran umum teks. Disajikan sebuah teks announcement, ssiswa dapat menjawab pertanyaan tentang gambaran umum teks. 2
Menentukan informasi rinci tersurat. Disajikan sebuah teks announcement, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dalam teks. 3
3 READING – Memahami makna dalam wacana tertulis pendek dalam esei sederhana berbentuk recount dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan tujuan penulisan teks. Disajikan sebuah teks recount , siswa dapat menentukan tujuan penulisan teks. 4
Menentukan informasi rinci tersurat. Disajikan sebuah teks recount,siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dalam teks. 5
Menentukan makna kata Disajikan sebuah teks recount, siswa dapat menentukan makna kata dalam kalimat. 6
Menentukan rujukan kata. Disajikan sebuah teks recount, siswa dapat menentukan rujukan kata dalam kalimat. 7
4 READING – Memahami makna dalam wacana tertulis pendek dalam teks fungsional berbentuk advertisement dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan tujuan penulisan teks. Disajikan sebuah teks advertisement, siswa dapat menentukan tujuan penulisan teks. 8
Menentukan informasi tersirat. Disajikan sebuah teks advertisement, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks. 9
5 READING – Memahami makna dalam wacana tertulis pendek dalam esei sederhana berbentuk e-maildalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan gambaran umum teks. Disajikan sebuah teks e-mail, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang gambaran umum teks. 10
Menentukan informasi tersirat. Disajikan sebuah teks e-mail, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks. 11
Menentukan rujukan kata. Disajikan sebuah teks e-mail, siswa dapat menentukan rujukan kata dalam kalimat. 12
6 READING – Memahami makna dalam wacana tertulis pendek dalam esei sederhana berbentuk narrative dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan tujuan penulisan teks. Disajikan sebuah teks narrative, siswa dapat menentukan tujuan penulisan teks. 13
Menentukan informasi rinci tersurat. Disajikan sebuah teks narrative, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dalam teks. 14, 40,
41, 43
Menentukan rujukan kata. Disajikan sebuah teks narrative, siswa dapat menentukan rujukan kata dalam kalimat. 15,42
Menentukan informasi tersirat. Disajikan sebuah teks narrative, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks. 16
7 READING – Memahami makna dalam wacana tertulis pendek dalam teks fungsional berbentuk memo dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan informasi tersirat. Disajikan sebuah teks memo, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks. 17
Menentukan informasi rinci tersurat. Disajikan sebuah teks memo, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dalam teks. 18
8 READING – Memahami makna dalam wacana tertulis pendek dalam esei sederhana berbentuk report dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan gambaran umum paragraf. Disajikan sebuah teks report, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang gambaran umum suatu paragraf dalam teks. 19
Menentukan informasi rinci tersurat. Disajikan sebuah teks report, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dalam teks. 20,22
Menentukan rujukan kata. Disajikan sebuah teks report,siswa dapat menentukan rujukan kata dalam kalimat. 21
9 READING – Memahami makna dalam wacana tertulis pendek dalam teks fungsional berbentuk short message dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan tujuan penulisan teks. Disajikan sebuah teks short message, siswa dapat menentukan tujuan penulisan teks. 23
Menentukan informasi tersirat. Disajikan sebuah teks short message, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks. 24
10 READING – Memahami makna dalam wacana tertulis pendek dalam esei sederhana berbentuk descriptive dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan gambaran umum teks. Disajikan sebuah teks descriptive, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang gambaran umum teks. 25
Menentukan informasi rinci tersurat. Disajikan sebuah teks descriptive,siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dalam teks. 26,28
Menentukan makna kata Disajikan sebuah teks descriptive,siswa dapat menentukan makna kata dalam kalimat. 27
11 READING – Memahami makna dalam wacana tertulis pendek dalam teks fungsional berbentuk greeting card dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan tujuan penulisan teks. Disajikan sebuah teks greeting card, siswa dapat menentukan tujuan penulisan teks. 29
Menentukan rujukan kata. Disajikan sebuah teks greeting card, siswa dapat menentukan rujukan kata dalam kalimat. 30
12 READING – Memahami makna dalam wacana tertulis pendek dalam teks fungsional berbentuk invitation dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan tujuan penulisan teks. Disajikan sebuah teks invitation, siswa dapat menentukan tujuan penulisan teks. 31, 37
Menentukan informasi rinci tersurat. Disajikan sebuah teks invitation,siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dalam teks. 32, 38
Menentukan informasi tersirat. Disajikan sebuah teks invitation, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks. 39
13 READING – Memahami makna dalam wacana tertulis pendek dalam esei sederhana berbentuk procedure dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan tujuan penulisan teks. Disajikan sebuah teks procedure, siswa dapat menentukan tujuan penulisan teks. 33
Menentukan informasi rinci tersurat. Disajikan sebuah teks procedure, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dalam teks. 34,35
14 READING – Memahami makna dalam wacana tertulis pendek dalam teks fungsional berbentuk thing list to do dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan informasi rinci tersurat. Disajikan sebuah teks thing list to do, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dalam teks. 36
15 WRITING – Mengungkap makna secara tertulis esei sederhana berbentuk report dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan pilihan kata yang tepat untuk melengkapi teks. Disajikan sebuah teks report yang rumpang, siswa dapat melengkapi teks tersebut dengan kata yang tepat. 44, 45, 46
16 WRITING – Mengungkap makna secara tertulis esei pendek dalam teks fungsional berbentuk cautiondalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan pilihan kata yang tepat untuk melengkapi teks. Disajikan sebuah teks caution dengan kata – kata diacak, siswa dapat menyusun kembali kata – kata diacak tersebut menjadi kalimat yang benar dan bermakna. 47
17 WRITING – Mengungkap makna secara tertulis esei pendek dalam teks fungsional berbentuk greetings dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan pilihan kata yang tepat untuk melengkapi teks. Disajikan sebuah teks greetings dengan kata – kata diacak, siswa dapat menyusun kembali kata – kata diacak tersebut menjadi kalimat yang benar dan bermakna. 48
18 WRITING – Mengungkap makna secara tertulis esei pendek dalam teks fungsional berbentuk anouncement dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan pilihan kata yang tepat untuk melengkapi teks. Disajikan sebuah teks announcement dengan kata – kata diacak, siswa dapat menyusun kembali kata – kata diacak tersebut menjadi kalimat yang benar dan bermakna. 49
19 WRITING – Mengungkap makna secara tertulis esei sederhana berupa procedure dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan susunan kalimat yang tepat agar menjadi teks. Disajikan beberapa kalimat secara acak, siswa dapat menyusun kembali kalimat – kalimat tersebut menjadi teks yang benar dan bermakna sebuah teks procedure. 50

 

Demikian semoga bermanfaat. Amiin.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

_____________________—–______________________

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Berikut kisi – kisi ujian akhir madrasah…

KISI-KISI UJIAN KENAIKAN KELAS 2011/2012

Satuan Pendidikan    : Madrasah Tsanawiyah

Kelas                               : VII (Tujuh)

Mata pelajaran           : Bahasa Inggris

Bentuk Soal                  : 40 Pilihan Ganda dan 5 Sssay

Jumlah soal                 : 45 butir

 

 No  STANDARKOMPETENSILULUSAN JENIS TEKS TOPIK INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI INDIKATOR JENIS SOAL NO SOAL
               
1 READING (Membaca)Memahami  makna teks tulis fungsional dan  esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure  yang berkaitandengan lingkungan terdekat. 1. Greeting Card Marriage Menemukan tujuan komunikatif dalam greeting card Disajikan sebuah pertanyaan tentang greeting card yang bertema marriage, siswa dapat menjawabnya dengan tujuan komunikatif yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat. PG 1
Menemukan informasi rinci tersurat dalam teks Greeting Card Disajikan sebuah pertanyaan tentang greeting card yang bertema marriage, siswa dapat menjawabnya dengan informasi rinci tersurat yang terdapat dalam tek stersebut dengan tepat. PG 2
Graduation Menemukan tujuan komunikatif dalam greeting card Disajikan sebuah pertanyaan tentang greeting card yang bertema graduation, siswa dapat menjawabnya dengan tujuan komunikatif yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat. PG 12
Menemukan informasi rinci tersurat dalam teks Greeting Card Disajikan sebuah pertanyaan tentang greeting card yang bertema graduation, siswa dapat menjawabnya dengan informasi rinci tersurat yang terdapat dalam tek stersebut dengan tepat. PG 13
Condolence Menemukan tujuan komunikatif dalam greeting card Disajikan sebuah pertanyaan tentang greeting card yang bertema condolence, siswa dapat menjawabnya dengan tujuan komunikatif yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat. PG 32
Menemukan rujukan kata Disajikan sebuah pertanyaan tentang greeting card bertema condolence, siswa dapat menjawabnya dengan rujukan kata yang terdapat dalam sebuah kalimat pada teks tersebut dengan tepat PG 33
2. Invitation Graduation Menemukan informasi rinci tersurat dalam teks Invitation Disajikan sebuah pertanyaan tentang invitation bertema graduation, siswa dapat menjawabnya dengan informasi rinci tersurat yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat PG 3
Menemukan informasi tersirat dalam teks Invitation Disajikan sebuah pertanyaan tentang invitation bertema graduation, siswa dapat menjawabnya dengan informasi tersirat yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat PG 4
Menemukan rujukan kata Disajikan sebuah pertanyaan tentang invitation bertema graduation, siswa dapat menjawabnya dengan rujukan kata yang terdapat dalam sebuah kalimat pada teks tersebut dengan tepat PG 5
Anniversary Menemukan tujuan komunikatif dalam invitation Disajikan sebuah pertanyaan tentang invitation yang bertema anniversary, siswa dapat menjawabnya dengan tujuan komunikatif yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat. PG 30
Menemukan informasi rinci tersurat dalam teks invitation Disajikan sebuah pertanyaan tentang invitation yang bertema anniversary, siswa dapat menjawabnya dengan informasi rinci tersurat yang terdapat dalam tek stersebut dengan tepat. PG 31
3. Announcement School Activity Menemukan tujuan komunikatif dalam announcement Disajikan sebuah pertanyaan tentang announcement bertema school activity, siswa dapat menjawabnya dengan tujuan komunikatif yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat. PG 6, 26
Menemukan rujukan kata Disajikan sebuah pertanyaan tentang announcement bertema school activity, siswa dapat menjawabnya dengan rujukan kata yang terdapat dalam sebuah kalimat pada teks tersebut dengan tepat. PG 7
Menemukan makna kata Disajikan sebuah pertanyaan tentang announcement bertema school activity, siswa dapat menjawabnya dengan makna kata yang terdapat dalam sebuah kalimat pada teks tersebut dengan tepat. PG 8
Menemukan informasi rinci tersurat dalam teks announcement Disajikan sebuah pertanyaan tentang announcement bertema school activity, siswa dapat menjawabnya dengan informasi rinci tersurat yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat PG 27, 29
Menemukan persamaan kata Disajikan sebuah pertanyaan tentang announcement bertema school activity, siswa dapat menjawabnya dengan persamaan kata yang terdapat dalam kalimat pada teks tersebut dengan tepat. PG 28
Sport Tournament Menemukan informasi rinci tersurat dalam teks announcement Disajikan sebuah pertanyaan tentang announcement bertema sport tournament, siswa dapat menjawabnya dengan informasi rinci tersurat yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat PG 18
Menemukan informasi tersirat dalam teks announcement Disajikan sebuah pertanyaan tentang announcement bertema sport tournament, siswa dapat menjawabnya dengan informasi tersirat yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat PG 19
Menemukan persamaan kata Disajikan sebuah pertanyaan tentang announcement bertema sport tournament, siswa dapat menjawabnya dengan persamaan kata yang terdapat dalam kalimat pada teks tersebut dengan tepat. PG 20
4. Procedure Beverage Menemukan tujuan komunikatif dalam teks procedure Disajikan sebuah pertanyaan tentang teks procedure bertema beverage, siswa dapat menjawabnya dengan tujuan komunikatif yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat. PG 9, 21
Menemukan informasi rinci tersurat dalam teks procedure Disajikan sebuah pertanyaan tentang teks procedure yang bertema beverage, siswa dapat menjawabnya dengan informasi rinci tersurat yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat. PG 10, 22, 23
Menemukan informasi rinci tersurat dalam teks procedure Disajikan sebuah pertanyaan tentang teks procedure yang bertema beverage, siswa dapat menjawabnya dengan informasi rinci tersurat yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat. PG 11
Food Menemukan tujuan komunikatif dalam teks procedure Disajikan sebuah pertanyaan tentang teks procedure bertema food, siswa dapat menjawabnya dengan tujuan komunikatif yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat. PG 14
Menemukan informasi rinci tersurat dalam teks procedure Disajikan sebuah pertanyaan tentang teks procedure bertema food, siswa dapat menjawabnya dengan informasi rinci tersurat yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat. PG 15, 35, 37
Menemukan rujukan kata Disajikan sebuah pertanyaan tentang teks procedure bertema food, siswa dapat menjawabnya dengan rujukan kata yang terdapat dalam sebuah kalimat pada teks tersebut dengan tepat. PG 16
Menemukan persamaan kata Disajikan sebuah pertanyaan tentang teks procedure bertema beverage, siswa dapat menjawabnya dengan persamaan kata yang terdapat dalam kalimat pada teks tersebut dengan tepat. PG 17, 36
Menemukan gambaran umum Disajikan sebuah pertanyaan tentang teks procedure bertema food, siswa dapat menjawabnya dengan gambaran umum teks tersebut dengan tepat. PG 34
5. Map School Menemukan informasi rinci tersurat dalam map Disajikan sebuah pertanyaan tentang map bertema school, siswa dapat menjawabnya dengan informasi rinci tersurat yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat. PG 24, 25
6. Table Time Schedule Menemukan informasi rinci tersurat dalam table Disajikan sebuah pertanyaan tentang table bertema time schedule, siswa dapat menjawabnya dengan informasi rinci tersurat yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat. PG 38
Menemukan informasi tersirat dalam map Disajikan sebuah pertanyaan tentang map bertema time schedule, siswa dapat menjawabnya dengan informasi tersirat yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat PG 39, 40
2 Writing: (Menulis) Mengungkapkan makna dalam  teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 1. Greeting Card Congratulations, Condolence, Wishes Menyusun kata – kata acak menjadi kalimat yang benar. Disajikan sebuah kalimat yang kata – katanya diacak tentang greeting card bertema congratulations, condolence, dan wishes, siswa dapat menyusun kata – kata acak tersebut menjadi kalimat yang benar Es 1
Birthday Mengungkapkan makna dalam teks tertulis esai pendek sederhana berbentuk ucapan ulang tahun kepada seorang teman. Disajikan sebuah kondisi tentang seseorang yang ulang tahun, siswa dapat menyusun teks tertulis esai pendek sederhana berbentuk ucapan ulang tahun kepada seseorang tersebut dengan benar Es 2
2. Procedure Beverage Menyusun kalimat – kalimat acak menjadi teks yang benar. Disajikan sebuah teks yang kalmat – kalimatnya diacak tentang teks procedure bertema beverage, siswa dapat menyusun kalimat  kalimat acak tersebut menjadi teks yang benar Es 3
3. Map Building Menyusun teks berdasarkan peta dengan benar. Disajikan sebuah peta bertema gedung, siswa dapat menyusun teks berdasarkan peta dengan benar Es 4
4. Announcement School Activity Menyusun pengumuman berdasarkan keadaan tertentu dengan benar. Disajikan sebuah kondisi tertentu bertema school activity, siswa dapat menyusun sebuah pengumuman berdasarkan berdasarkan tema tersebut dengan benar Es 5

KISI-KISI UJIAN KENAIKAN KELAS 2011/2012

 

Satuan Pendidikan           : Madrasah Tsanawiyah

Kelas                                   : VIII (Delapan)

Mata pelajaran                 : Bahasa Inggris

Bentuk Soal                       : 40 Pilihan Ganda dan 5 essay

Jumlah soal                        : 45 butir

NO KOMPETENSI DASAR JENIS TEKS  TOPIK  INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI INDIKATOR SOAL JENIS SOAL NOMER SOAL
1 Membaca

Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitarAnnouncementExam PreparationMenemukan informasi tertentuDisajikan sebuah pertanyaan tentang pengumuman, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan informasi tertentu dari teks

PG

1

Menemukan informasi rinciDisajikan sebuah pertanyaan tentang pengumuman, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan informasi rinci dari teks.PG

2

School VacationMenemukan tujuan penulisanDisajikan sebuah pertanyaan tentang pengumuman, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan tujuan komunikatif dari teks.PG

14

Menemukan informasi tersuratDisajikan sebuah pertanyaan tentang pengumuman, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan informasi tersurat dari teks.PG

15

NoticeHome AreaMenemukan informasi tertentuDisajikan teks berbentuk notice Siswa dapat menentukan informasi tertentu dari teks notice yang diberikanPG

3

Menemukan makna lawan kataDisajikan teks berbentuk notice Siswa dapat menentukan lawan kataPG

4

LabelFoodMenemukan informasi rinciDisajikan teks berbentuk label makanan, Siswa dapat menentukan informasi rinci dari teks yang diberikanPG

5

Menemukan informasi tertentuDisajikan teks berbentuk label makanan, Siswa dapat menemukan informasi tertentuPG

6

AdvertisementSaleMenemukan gambaran umumDisajikan teks berbentuk advertisement, Siswa dapat menemukan gambaran umumPG

7

 

 

Menentukan informasi rinciDisajikan teks berbentuk advertisement, Siswa dapat menentutan informasi rinciPG

8

Menemukan informasi tertentuDisajikan teks iklan, siswa dapat menentukan informasi tertentuPG

9

MessageSpecial OccasionMenemukan informasi tertentuDisajikan teks message siswa dapat menentukan informasi tertentuPG

10

Menemukan gambaran umumDisajikan teks message siswa dapat menemukan gambaran umumPG

11

MeetingMenentukan tujuan teksDisajikan teks message siswa dapat menemukan tujuan teksPG

35

Menetukan makna kata/frasaDisajikan teks message siswa dapat menemukan makna kataPG

36

InvitationPartyMenemukan informasi tertentuDisajikan teks card siswa dapat menemukan informasi tertentuPG

12

Menemukan gambaran umumDisajikan teks card siswa dapat menemukan informasi tertentuPG

13

Wedding partyMenemukan tujuan teksDisajikan teks siswa dapat menemukan tujuanPG

20

Menemukan informasi tertentuDisajikan teks siswa dapat menemukan informasi tertentuPG

21

Menentukan rujukan kataDisajikan teks siswa dapat menentukan rujukan kataPG

22

Text RecountHome ActivityMenentukan tujuan komunikatif teksDisajikan sebuah pertanyaan tentang Recout text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan tujuan komunikatif dari teks.PG

16

Menemukan informasi rinciDisajikan sebuah pertanyaan tentang Recout text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan informasi rinci dari teks.PG

17

Menemukan pokok pikiran paragraphDisajikan sebuah pertanyaan tentang Recout text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan pokok pikiran paragraph tertentuPG

18

Menentukan rujukan kataDisajikan sebuah pertanyaan tentang Recout text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan rujukan kata dari teks.PG

19

Accident/ DisasterMenemukan gambaran umum teksDisajikan sebuah pertanyaan tentang Recout text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan gambaran umum dari teks.PG

23

Menemukan informasi tertentuDisajikan sebuah pertanyaan tentang Recout text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan informasi tertentu paragrap.PG

24

Menemukan informasi tersiratDisajikan sebuah pertanyaan tentang Recout text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan informasi tersurat dari teks.PG

25

Menemukan makna kata/frasaDisajikan sebuah pertanyaan tentang Recout text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan makna kata/frasa dari teks.PG

26

 

 

 

 

Text NarrativeIndonesian LegendMenentukan tujuan teksDisajikan sebuah pertanyaan tentang Narrative Text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan tujuan komunikatif dari teks.PG

27

Menentukan informasi tertentuDisajikan sebuah pertanyaan tentang Narrative Text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan informasi tertentu dari teks.PG

28

Menentukan makna kataDisajikan sebuah pertanyaan tentang Narrative text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan makna kata/frasa dari teks.PG

29

Menentukan nilai moralDisajikan sebuah pertanyaan tentang Narrative, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan nilai moral dari teks.PG

30

Middle East Folk TaleMenentukan informasi rinciDisajikan sebuah pertanyaan tentang Narrative, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan informasi rinci dari teks.PG

31

Menentukan pokok pikiran paragrapDisajikan sebuah pertanyaan tentang Narrative, siswa diminta menjawabnya sesuai pokok pikiran paragraph dari teks.PG

32

Menentukan informasi tersiratDisajikan sebuah pertanyaan tentang Narrative, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan informasi tersiratPG

33

Menentukan rujukan kataDisajikan sebuah pertanyaan tentang Narrative, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan rujukan kata.PG

34

 2 

Menulis

Mengungkapkan makna  dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

 MessageStudyMenyusun kata-kata acakDisajikan kata-kata acak yang terdapat dalam message, siswa diminta menyusunnya sesuai dengan urutan yang benar.

PG

37

InvitationPartyMenyusun kata-kata acakDisajikan kata-kata acak yang terdapat dalam undangan, siswa diminta menyusunnya sesuai dengan urutan yang benar.PG

38

Narrative text Menyusun kata-kata acakDisajikan kata-kata acak yang terdapat dalam kalimat Narrative Text, siswa diminta menyusunnya sesuai dengan urutan yang benarPG

39

Recount TextVacationMenyusun kalimat acakDisajikan kalimat yang terdapat dalam kalimat Recount Text, siswa diminta menyusunnya sesuai dengan urutan yang benarPG

40

Teks NarrativeFableMenyusun Kalimat acakDisajikan teks siswa dapat menyusun kalimat  yang diacak dengan baikEssay

41

AnnouncementSchool ActivityMelengkapi teks rumpangDisajikan teks siswa dapat melengkapi kalimat dalam teks  announcementEssay

42

Text NarrativeCinderellaMenyusun kalimat acakDisajikan teks narrative, siswa dapat menyusun kalimat menjadi paragrafEssay

43

Short messageExtra ActivityMenulis pesan pendekSiswa dapat menulis pesan pendekEssay

44

Text RecountPersonal ExperienceMenulis recountSiswa dapat mengungkapkan pengalamanEssay

45

 

 

KISI-KISI UJIAN MADRASAH 2011/2012

Satuan Pendidikan     : Madrasah Tsanawiyah

Kelas                          : IX (Sembilan)

Mata pelajaran          : Bahasa Inggris

Bentuk Soal                : Pilihan Ganda

Jumlah soal                : 50 butir

NO KOMPETENSI DASAR JENIS TEKS TOPIK INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI INDIKATOR SOAL NOMER SOAL
1 ReadingMemahami makna dalam wacana tertulis pendek, baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari. Caution/Notice In parking area of  resort Menemukan makna dari caution/notice Disajikan sebuah pertanyaan tentang notice yang bertema In the parking area, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan makna dari notice dengan tepat. 1
Greeting Card Someone’s graduation Menemukan informasi rinci Disajikan sebuah pertanyaan tentang kartu ucapan yang bertema someone’s graduation, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan informasi rinci dari teks. 2
Invitation Graduation Celebration Menentukan tujuan komunikatif text Disajikan sebuah pertanyaan tentang undangan bertema Graduation Celebration, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan tujuan komunikatif dari teks. 3
Menentukan informasi tertentu Disajikan sebuah pertanyaan tentang undangan bertema Graduation Celebration, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan informasi tertentu dari teks. 4
Short Message The delay of an activity Menentukan gambaran umum teks Disajikan sebuah pertanyaan tentang pesan pendek, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan gambaran umum dari teks. 5
Announcement School anniversary Menemukan informasi tertentu Disajikan sebuah pertanyaan tentang pengumuman, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan informasi tertentu dari teks 6
Menemukan informasi rinci Disajikan sebuah pertanyaan tentang pengumuman, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan informasi rinci dari teks. 7
English learning Menemukan tujuan penulisan Disajikan sebuah pertanyaan tentang pengumuman, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan tujuan komunikatif dari teks. 42
Menemukan informasi tersurat Disajikan sebuah pertanyaan tentang pengumuman, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan informasi tersurat dari teks. 43
NO KOMPETENSI DASAR JENIS TEKS TOPIK INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI INDIKATOR SOAL NOMER SOAL
Advertisement Electronical equipment Menemukan makna kata Disajikan sebuah pertanyaan tentang iklan, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan makna kata/frasa dari teks. 8
Menemukan informasi tertentu Disajikan sebuah pertanyaan tentang iklan, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan informasi tertentu dari teks 9
Letter Confirmation Menentukan tujuan penulisan Disajikan sebuah pertanyaan tentang surat, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan tujuan komunikatif dari teks. 10
Menemukan informasi tertentu Disajikan sebuah pertanyaan tentang surat, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan informasi tertentu dari teks 11
Asking information Menemukan informasi tersirat Disajikan sebuah pertanyaan tentang surat, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan informasi tersirat dari teks 40
Menemukan makna kata/frasa Disajikan sebuah pertanyaan tentang surat, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan makna kata/frasa dari teks 41
Descriptive text A Public Figure Menemukan gambaran umum Disajikan sebuah pertanyaan tentang descriptive text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan gambaran umum dari teks 12
Menentukan tujuan penulisan teks Disajikan sebuah pertanyaan tentang descriptive text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan tujuan komunikatif dari teks. 13
Menemukan informasi tertentu Disajikan sebuah pertanyaan tentang descriptive text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan informasi tertentu dari teks. 14
Menemukan rujukan kata Disajikan sebuah pertanyaan tentang descriptive text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan makna kata/frasa dari teks. 15
Family Menemukan informasi rinci Disajikan sebuah pertanyaan tentang descriptive text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan informasi rinci dari teks. 32
Menemukan Informasi tersirat Disajikan sebuah pertanyaan tentang descriptive text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan informasi tersirat dari teks. 33
Menemukan pokok pikiran paragraph Disajikan sebuah pertanyaan tentang descriptive text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan pokok pikiran suatu paragrap. 34
Menemukan makna kata/Frasa Disajikan sebuah pertanyaan tentang descriptive text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan rujukan kata/frasa dari teks. 35
NO KOMPETENSI DASAR JENIS TEKS TOPIK INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI INDIKATOR SOAL NOMER SOAL
Report Text Planet Menemukan gambaran umum Disajikan sebuah pertanyaan tentang report text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan gambaran umum dari teks 16
Menentukan tujuan komunikatif text Disajikan sebuah pertanyaan tentang report text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan tujuan komunikatif dari teks. 17
Menemukan pokok pikiran paragraph Disajikan sebuah pertanyaan tentang report text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan pokok pikiran dari teks. 18
Menemukan makna kata Disajikan sebuah pertanyaan tentang report text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan rujukan kata/frasa dari teks. 19
Procedure Text Making craft Menemukan gambaran umum teks Disajikan sebuah pertanyaan tentang procedure text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan gambaran umum dari teks 20
Menentukan tujuan komunikatif teks Disajikan sebuah pertanyaan tentang procedure text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan tujuan komunikatif dari teks. 21
Menemukan  makna kata Disajikan sebuah pertanyaan tentang procedure text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan makna kata/frasa dari teks. 22
Menentukan rujukan kata Disajikan sebuah pertanyaan tentang procedure text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan rujukan kata/frasa dari teks. 23
Recount Text On vacation Menentukan tujuan komunikatif teks Disajikan sebuah pertanyaan tentang Recout text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan tujuan komunikatif dari teks. 24
Menemukan informasi rinci Disajikan sebuah pertanyaan tentang Recout text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan informasi rinci dari teks. 25
Menemukan pokok pikiran paragraph Disajikan sebuah pertanyaan tentang Recout text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan pokok pikiran paragraph tertentu 26
Menentukan rujukan kata Disajikan sebuah pertanyaan tentang Recout text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan rujukan kata dari teks. 27
Menemukan gambaran umum teks Disajikan sebuah pertanyaan tentang Recout text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan gambaran umum dari teks. 36
Menemukan informasi tertentu Disajikan sebuah pertanyaan tentang Recout text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan informasi tertentu paragrap. 37
Menemukan informasi tersirat Disajikan sebuah pertanyaan tentang Recout text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan informasi tersurat dari teks. 38
Menemukan makna kata/frasa Disajikan sebuah pertanyaan tentang Recout text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan makna kata/frasa dari teks. 39
NO KOMPETENSI DASAR JENIS TEKS TOPIK INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI INDIKATOR SOAL NOMER SOAL
Narrative Text Folktale Menemukan tujuan komunikatif teks Disajikan sebuah pertanyaan tentang Narrative Text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan tujuan komunikatif dari teks. 28
Menemukan informasi tertentu Disajikan sebuah pertanyaan tentang Narrative Text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan informasi tertentu dari teks. 29
Menemukan makna kata/frasa Disajikan sebuah pertanyaan tentang Narrative text, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan makna kata/frasa dari teks. 30
Menentukan nilai moral teks Disajikan sebuah pertanyaan tentang Narrative, siswa diminta menjawabnya sesuai dengan nilai moral dari teks. 31
2 WritingMengungkapkan makna dalam wacana tertulis baik teks fungsional pendek maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari. Recount Text Trip Mengisi teks rumpang Disajikan sebuah Recout text rumpang, siswa diminta menjawabnya/melengkapi sesuai dengan kata yang benar 46, 47, 48
Greeting Card Winning contest Menyusun kata-kata acak  Disajikan kata-kata acak yang terdapat dalam kartu ucapan, siswa diminta menyusunnya sesuai dengan urutan yang benar. 44
Narrative text Folktale Menyusun kata-kata acak  Disajikan kata-kata acak yang terdapat dalam kalimat Narrative Text, siswa diminta menyusunnya sesuai dengan urutan yang benar 45
Procedure text Plant flower Menyusun kalimat acak Disajikan kalimat acak yang terdapat dalam procedure Text, siswa diminta menyusunnya menjadi paragraph sesuai dengan urutan yang benar 49
Recount Text Holiday Menyusun kalimat acak Disajikan kalimat yang terdapat dalam kalimat Recount Text, siswa diminta menyusunnya sesuai dengan urutan yang benar 50
KISI – KISI PENULISAN SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL
MTs SE- KABUPATEN BANTUL
 TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : IX (Sembilan)
Acuan : Kurikulum TSP Akhlak Mulia
Waktu Ujian : Pukul: 07.30 – 09.30 Hari: Kamis, Tanggal: …………………2012
Alokasi Waktu : 120 Menit
Bentuk & Jumlah Soal : Pilihan Ganda 50 Soal
No Standar Kompetensi Materi / Kemampuan Yang Diujikan Indikator No Soal
1 READING – Memahami makna dalam wacana tertulis pendek dalam teks fungsional berbentuk notice dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan informasi tersirat. Disajikan sebuah teks notice, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks. 1
2 READING – Memahami makna dalam wacana tertulis pendek dalam teks fungsional berbentuk announcement dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan gambaran umum teks. Disajikan sebuah teks announcement, ssiswa dapat menjawab pertanyaan tentang gambaran umum teks. 2
Menentukan informasi rinci tersurat. Disajikan sebuah teks announcement, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dalam teks. 3
3 READING – Memahami makna dalam wacana tertulis pendek dalam esei sederhana berbentuk recount dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan tujuan penulisan teks. Disajikan sebuah teks recount , siswa dapat menentukan tujuan penulisan teks. 4
Menentukan informasi rinci tersurat. Disajikan sebuah teks recount,siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dalam teks. 5
Menentukan makna kata Disajikan sebuah teks recount, siswa dapat menentukan makna kata dalam kalimat. 6
Menentukan rujukan kata. Disajikan sebuah teks recount, siswa dapat menentukan rujukan kata dalam kalimat. 7
4 READING – Memahami makna dalam wacana tertulis pendek dalam teks fungsional berbentuk advertisement dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan tujuan penulisan teks. Disajikan sebuah teks advertisement, siswa dapat menentukan tujuan penulisan teks. 8
Menentukan informasi tersirat. Disajikan sebuah teks advertisement, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks. 9
5 READING – Memahami makna dalam wacana tertulis pendek dalam esei sederhana berbentuk e-maildalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan gambaran umum teks. Disajikan sebuah teks e-mail, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang gambaran umum teks. 10
Menentukan informasi tersirat. Disajikan sebuah teks e-mail, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks. 11
Menentukan rujukan kata. Disajikan sebuah teks e-mail, siswa dapat menentukan rujukan kata dalam kalimat. 12
6 READING – Memahami makna dalam wacana tertulis pendek dalam esei sederhana berbentuk narrative dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan tujuan penulisan teks. Disajikan sebuah teks narrative, siswa dapat menentukan tujuan penulisan teks. 13
Menentukan informasi rinci tersurat. Disajikan sebuah teks narrative, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dalam teks. 14, 40,
41, 43
Menentukan rujukan kata. Disajikan sebuah teks narrative, siswa dapat menentukan rujukan kata dalam kalimat. 15,42
Menentukan informasi tersirat. Disajikan sebuah teks narrative, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks. 16
7 READING – Memahami makna dalam wacana tertulis pendek dalam teks fungsional berbentuk memo dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan informasi tersirat. Disajikan sebuah teks memo, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks. 17
Menentukan informasi rinci tersurat. Disajikan sebuah teks memo, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dalam teks. 18
8 READING – Memahami makna dalam wacana tertulis pendek dalam esei sederhana berbentuk report dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan gambaran umum paragraf. Disajikan sebuah teks report, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang gambaran umum suatu paragraf dalam teks. 19
Menentukan informasi rinci tersurat. Disajikan sebuah teks report, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dalam teks. 20,22
Menentukan rujukan kata. Disajikan sebuah teks report,siswa dapat menentukan rujukan kata dalam kalimat. 21
9 READING – Memahami makna dalam wacana tertulis pendek dalam teks fungsional berbentuk short message dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan tujuan penulisan teks. Disajikan sebuah teks short message, siswa dapat menentukan tujuan penulisan teks. 23
Menentukan informasi tersirat. Disajikan sebuah teks short message, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks. 24
10 READING – Memahami makna dalam wacana tertulis pendek dalam esei sederhana berbentuk descriptive dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan gambaran umum teks. Disajikan sebuah teks descriptive, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang gambaran umum teks. 25
Menentukan informasi rinci tersurat. Disajikan sebuah teks descriptive,siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dalam teks. 26,28
Menentukan makna kata Disajikan sebuah teks descriptive,siswa dapat menentukan makna kata dalam kalimat. 27
11 READING – Memahami makna dalam wacana tertulis pendek dalam teks fungsional berbentuk greeting card dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan tujuan penulisan teks. Disajikan sebuah teks greeting card, siswa dapat menentukan tujuan penulisan teks. 29
Menentukan rujukan kata. Disajikan sebuah teks greeting card, siswa dapat menentukan rujukan kata dalam kalimat. 30
12 READING – Memahami makna dalam wacana tertulis pendek dalam teks fungsional berbentuk invitation dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan tujuan penulisan teks. Disajikan sebuah teks invitation, siswa dapat menentukan tujuan penulisan teks. 31, 37
Menentukan informasi rinci tersurat. Disajikan sebuah teks invitation,siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dalam teks. 32, 38
Menentukan informasi tersirat. Disajikan sebuah teks invitation, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks. 39
13 READING – Memahami makna dalam wacana tertulis pendek dalam esei sederhana berbentuk procedure dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan tujuan penulisan teks. Disajikan sebuah teks procedure, siswa dapat menentukan tujuan penulisan teks. 33
Menentukan informasi rinci tersurat. Disajikan sebuah teks procedure, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dalam teks. 34,35
14 READING – Memahami makna dalam wacana tertulis pendek dalam teks fungsional berbentuk thing list to do dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan informasi rinci tersurat. Disajikan sebuah teks thing list to do, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dalam teks. 36
15 WRITING – Mengungkap makna secara tertulis esei sederhana berbentuk report dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan pilihan kata yang tepat untuk melengkapi teks. Disajikan sebuah teks report yang rumpang, siswa dapat melengkapi teks tersebut dengan kata yang tepat. 44, 45, 46
16 WRITING – Mengungkap makna secara tertulis esei pendek dalam teks fungsional berbentuk cautiondalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan pilihan kata yang tepat untuk melengkapi teks. Disajikan sebuah teks caution dengan kata – kata diacak, siswa dapat menyusun kembali kata – kata diacak tersebut menjadi kalimat yang benar dan bermakna. 47
17 WRITING – Mengungkap makna secara tertulis esei pendek dalam teks fungsional berbentuk greetings dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan pilihan kata yang tepat untuk melengkapi teks. Disajikan sebuah teks greetings dengan kata – kata diacak, siswa dapat menyusun kembali kata – kata diacak tersebut menjadi kalimat yang benar dan bermakna. 48
18 WRITING – Mengungkap makna secara tertulis esei pendek dalam teks fungsional berbentuk anouncement dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan pilihan kata yang tepat untuk melengkapi teks. Disajikan sebuah teks announcement dengan kata – kata diacak, siswa dapat menyusun kembali kata – kata diacak tersebut menjadi kalimat yang benar dan bermakna. 49
19 WRITING – Mengungkap makna secara tertulis esei sederhana berupa procedure dalam konteks kehidupan sehari – hari. Menentukan susunan kalimat yang tepat agar menjadi teks. Disajikan beberapa kalimat secara acak, siswa dapat menyusun kembali kalimat – kalimat tersebut menjadi teks yang benar dan bermakna sebuah teks procedure. 50

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s